20180120

Pedoman INOBEL GURU SMA/SMK 2018

Sabtu, Januari 20, 2018
Pedoman INOBEL GURU SMA/SMK 2018
Setiap Tahunnya kegiatana lomba inovasi pembelajaran guru selalu di laksankan termasuk pada tahun 2018 ini, nah di kesempatan ini Admin akan membagikan Buku/Pedoman bagi Bapak dan Ibu yang pada saat ini sedang mencari informasi untuk mengikuti INOBEL tersebut. File yang tersaji kali ini di tujukan terlebih dahulu unutk jenjang SMA/SMK dan untuk yang lainnya akan Admin update pada artikel berikutnya. Bagi Anda yang ingin lebih memahami perihal perlombaan tersebut file yang tersaji ini merupakan pedoman sebagai acuan pelaksanaan lomba bagi Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Provinsi, Satuan Pendidikan dan Guru peserta lomba. Tanpa lebih berpanjang lebar mari kita simak sekilas ini dari pedoman ini beserta link download nya:
Berikut ini kutipan teks keterangan dari isi berkas Pedoman Lomba INOBEL Guru SMA SMK Tahun 2018:

PEDOMAN LOMBA INOVASI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN MENENGAH TINGKAT NASIONAL (PEMULA, MADYA, DAN UTAMA)
DIREKTORAT PEMBINAAN GURU PENDIDIKAN MENENGAH DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
2018 
Guru sebagai tenaga professional berperan penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warganegara yang demokratis dan bertanggung jawab. Guru diwajibkan melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan agar kompetensi keprofesiannya tetap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dan/atau olahraga.
Guru diharapkan dapat menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta berhasil mengembangkan berbagai model pembelajaran yang bermutu. Dalam rangka meningkatkan motivasi dan inovasi guru dalam pembelajaran maka diperlukan berbagai upaya. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan motivasi guru untuk selalu mengembangkan diri adalah melalui Lomba Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018. Lomba Inobel pada Tahun 2018 ini terbagi ke dalam tiga level yaitu Pemula, Madya dan Utama.
Pedoman Lomba Inobel Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018 ini disusun sebagai acuan pelaksanaan lomba bagi Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Dinas Pendidikan Provinsi, Satuan Pendidikan dan Guru peserta lomba. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan pedoman ini.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Pasal 14, ayat (1), huruf d menyatakan bahwa dalam melaksanakan tugas keprofesionalan, guru berhak memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensinya. Peningkatan kompetensi guru Jenjang Pendidikan Menengah tersebut dapat dilaksanakan melalui berbagai upaya, salah satu diantaranya yaitu lomba inovasi pembelajaran.


Lomba Inovasi Pembelajaran dipandang menjadi sangat penting dan diperlukan karena hal ini akan memacu guru-guru untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi. Lomba Inovasi Pembelajaran diyakini dapat menggerakkan, menyemangati, dan mendorong guru untuk meningkatkan prestasi dan pada gilirannya berdampak pada kualitas proses dan hasil belajar siswa.
Berkenaan dengan hal itu, Direktorat Pembinaan Guru Dikmen, Ditjen GTK, Kemdikbud melaksanakan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru Jenjang Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018. Penyelenggaraan lomba tersebut dimaksudkan untuk mendorong peningkatan profesionalisme guru sehingga dapat meningkatkan kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran, mewujudkan lulusan yang bermutu, produktif, kreatif, inovatif, dan memiliki daya saing global.
Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru Jenjang Pendidikan Menengah Tingkat Nasional ini terbagi dalam tiga level lomba yaitu Inobel Pemula, Inobel Madya dan Inobel Utama. Lomba Inobel Pemula ditujukan bagi peserta yang belum pernah sama sekali atau belum pernah masuk sebagai finalis dalam lomba Inobel. Lomba Inobel Madya ditujukan bagi peserta yang pernah ikut menjadi finalis pada lomba Inobel. Lomba Inobel Utama ditujukan bagi para Juara 1, 2 dan 3 dari berbagai macam lomba yang diselenggarakan oleh Keharlindung Dikmen.
Pedoman Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah Tingkat Nasional Tahun 2018 ini disusun sebagai acuan bagi panitia penyelenggara dan peserta lomba. Terselenggaranya Lomba Inovasi Pembelajaran dengan lancar tertib dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah bersifat perorangan (individual) dengan sasaran guru-guru Jenjang Pendidikan Menengah di seluruh Indonesia baik PNS maupun Non PNS di Sekolah negeri maupun swasta yang aktif melaksanakan tugas.
DAFTAR ISI
BAB I Pendahuluan; A. Latar Belakang; B. Dasar Hukum; C. Tujuan; D. Sasaran; E. Hasil yang Diharapkan
BAB II Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah; A. Pengertian; B. Ketentuan Mengikuti Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah; C. Proses Pelaksanaan; D. Prinsip-prinsip Lomba; E. Panitia Penyelenggara; F. Alur Kegiatan; G. Sistematika Penulisan Karya H. Penelitian; I. Jadwal Kegiatan
BAB III Penutup;
Lampiran-lampiran:
Lampiran 1 Biodata Peserta
Lampiran 2 Halaman Judul
Lampiran 3 Artikel Gagasan Ilmiah
Lampiran 4 Artikel Gagasan Ilmiah
Lampiran 5 Halaman Pernyataan Kepala Sekolah
Lampiran 6 Halaman Pernyataan Ketua MGMP
Lampiran 7 Halaman Pengesahan - Surat Pengesahan Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan
Lampiran 8 Penilaian Tahap I
Lampiran 9 Penilaian Tahap II (a)
Lampiran 10 Penilaian Tahap II(b)
Lampiran 11 Penilaian Tahap III
Lampiran 11 Penilaian Tahap IV
Lampiran 12 Penilaian Tahap V
Itulah sekilas yang dapat Admin tuliskan pada kesempatan artikel ini, lebih jelas dan lengkap mengeni isi dari file Pedoman Inobel tersebut di tahuan 2018 jenjang SMA dan SMK Bapak dan Ibu dapat mengunduh filenya dalam bentuk pdf/doc melalui link yang tersaji di bawah ini.
Pedoman Lomba INOBEL Guru SMA SMK Tahun 2018.pdf
Lampiran-Lampiran (Pedoman Lomba INOBEL Guru SMA SMK Tahun 2018).docx

Semoga file yang tersaji pada kesempatan ini dapat memberikan informasi yang lengkap perihal pelaksanaan kegiatan perlombaan Inovasi Pembelajaran Guru 2018. Sekian yang dapat Admin sajikan, salam pendidikan. 

Thanks for reading Pedoman INOBEL GURU SMA/SMK 2018

Related Posts

Your Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Labels

Labels

Copyright © Pendidikan. All rights reserved. Template by CB Blogger