20180121

Kumpulan Materi PKN Kelas II SD/MI Semester 2

Minggu, Januari 21, 2018
Seorang Guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran tentunya harus menguasai materi yang akan di sajikan. Dan untuk mata pelajaran PKn pada kesempatan ini Admin akan membagikan secara lengkap Ringkasan materi untuk semester II secara lengkap bagi Anda Guru Kelas yang mengampu pada Kelas 2 SD/MI. Di harapakan file yang tersaji di artikel ini dapat membantu Anda dalam menguasai materi pendidikan kewarganegaaran secara lengkap, sehingga dapat di berikan kepada siswa secara maksimal. File Materi PKn ini telah admin save dalam bentuk pdf sehingga Bapak dan Ibu akan lebih mudah untuk membaca dan mencermatinya. Berikut selengkapnya Admin gambarkan lengkap dengan link download nya.

Lalu matari apa saja yang harus Bapak dan Ibu kuasai untuk Mapel PKN Kelas 2? untuk Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan jenjang SD/MI Semester 2 ini terdiri atas 5 materi pembelajaran di antaranya :
  1. Pembelajaran I : Materi tentang musyawarah; 
  2. Pembelajaran II : Materi tentang menghargai suara terbanyak; 
  3. Pembelajaran III : Materi tentang bersikap lapang dada; 
  4. Pembelajaran 4 : Materi tentang nilai-nilai kejujuran; 
  5. Pembelajaran 5 : Materi tentang perilaku jujur.
Kumpulan Materi PKN Kelas II SD/MI Semester 2
Baca Juga Buku Kurikulum 2013 Kelas 2 Semester 2 edisi Revisi 2017, Tema 5 Pengalamanku, Tema 6 Merawat Hewan dan Tumbuhan, Tema 7 Kebersamaan, Tema 8 Keselamatn di Rumah dan Perjalanan
PEMBELAJARAN 1 MUSYAWARAH Standar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap demokratis. KD : 3.1 Mengenal kegiatan musyawarah. Ringkasan Materi Musyawarah berarti membicarakan suatu masalah bersama-sama untuk mendapatkan kesepakatan. Musyawarah dapat dilakukan dimana saja, di rumah, di sekolah dan di masyarakat.
- Musyawarah di rumah misalnya : menentukan acara liburan bersama ( rekreasi) atau mengadakan pesta ulang tahun, pesta pernikahan, atau perbaikan rumah dll.
- Musyawarah di sekolah misalnya : pemilihan ketua kelas, diskusi kelompok, piknik bersama, mengunjungi teman yang sakit dll.
- Musyawarah di masyarakat misalnya : pemilihan kepala desa, ketua RT atau RW, memperbaiki jalan dll.
Dalam musyawarah kita harus mementingkan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi. Setiap peserta musyawarah memiliki hak yang sama untuk mengeluarkan pendapat. Jika dalam musyawarah tidak mencapai kesepakatan, maka diadakan pengambilan suara terbanyak atau disebut voting. Hasil keputusan musyawarah harus dilaksanakan dengan penuh ikhlas dan tanggung jawab. Kegiatan bermusyawarah sesuai dengan pengamalan Pancasila yaitu sila ke-4 yang berbunyi ” Kerakyatan yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan”. Sila ke-4 dilambangkan kepala banteng. Sikap-sikap yang harus diterapkan dalam bermusyawarah agar musyawarah berjalan dengan baik yaitu :
1. Menghargai pendapat orang lain
2. Tidak memaksakan kehendak pada orang lain
3. Mentaati peraturan musyawarah
4. Mau menghargai suara terbanyak
5. Mampu mengendalikan diri
6. Menerima dan melaksanakan hasil/keputusan musyawarah
Hal-hal yang tidak boleh dilakukan dalam bermusyawarah antara lain:
1. Marah saat bermusyawarah
2. Tidak menghormati pemimpin rapat
3. Berbicara sendiri saat bermusyawarah
4. Tidak menanggapi usul teman

Link Download:
Ringkasan Materi PKN kelas 2 SD/MI semeter genap

Demikian yang dapat Admin sampaikan pada kesempatan ini perihal materi PKN pada jenjang SD kelas II, semoga file yang tersajadi dapat memberikan manfaat baik sebagai contoh dalam pelaksaan kegiatan pembelajaran yang Anda lakasankan pada semester 2. Referensi artikel ini dari Https://aksesguru.blogspot.com

Thanks for reading Kumpulan Materi PKN Kelas II SD/MI Semester 2

Related Posts

Your Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Labels

Labels

Copyright © Pendidikan. All rights reserved. Template by CB Blogger