20171012

Peta Kompetensi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK Kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12

Kamis, Oktober 12, 2017
Peta Kompetensi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK Kelas I – III Kelas IV – VI Kelas VII-IX Kelas X-XII Kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12- Peta konsep adalah suatu gambar yang memaparkan struktur konsep yaitu  keterkaitan antar konsep dari suatu gambaran yang menyatakan hubungan yang bermakna antara konsep-konsep dari suatu materi pelajaran yang dihubungkan dengan suatu kata penghubung sehingga membentuk suatu proposisi. Karena itu, peta konsep akan mendorong siswa menghubungkan konsep-konsep selama belajar, sehingga tercapai pembelajaran yang bermakna (Dahar,1989:123), Peta konsep digunakan untuk menyatakan hubungan yang bermakna antara konsep-konsep dalam bentuk proposisi-proposisi. Proposisi-proposisi merupakan dua atau lebih konsep-konsep yang dihubungkan oleh kata-kata dalam suatu unit semantic. Dalam bentuk yang paling sederhana, peta konsep dapat berupa dua konsep yang dihubungkan oleh kata penghubung untuk membentuk proposisi.

Tabel Peta Kompetensi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK

Peta Kompetensi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Al-Qur’ān
Terbiasa membaca, menulis, menghapal,memahami makna dan berperilaku sesuai nilai-niai yang terkandung di dalam al- Qur’an surat-surat pendek pilihan.
Al-Qur’ān
Terbiasa membaca, menulis, menghapal, memahami makna dan berperilaku sesuai nilai-niai yang terkandung di dalam al-Qur’an suratsurat pendek dan ayat-ayat pilihan.
Al-Qur’ān
Membaca, menghafal, menghayati dan menyajikan keterkaitan antara sikap dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam ayat-ayat pilihan.
Al-Qu’an
Meyakini, membaca, menghafal, menganalisis dan menyajikan hubungan al-Qur’an ayat-ayat pilihan dengan kehidupan sehari-hari serta dapat berperilaku sesuai kandungan ayat-ayat tersebut .
Aqidah
Menerima, mengakui, meyakini dan memahami sifat-sifat Allah Swt., makna Asmaul Husna, dan dua kalimat syahadat.
Aqidah
Menerima, mengakui, meyakini dan memahami sifat-sifat Allah Swt., makna Asmaul Husna, dan rukun iman.
Aqidah
Meyakini, menghayati, memahami dan menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan ajaran tentang rukun Iman.
Aqidah
Meyakini, mengamalkan, menganalisis makna rukun Iman dan dapat menyajikan hubunganya dengan kehidupan sehari-hari.
Akhlak
Meyakini, memahami makna do’a sebelum dan sesudah belajar, doa sebelum dan sesudah makan serta berperilaku terpuji.
Akhlak
Meyakini, memahami makna dan menyajikan contoh perilaku terpuji serta berperilaku terpuji.
Akhlak
Meyakini, menghayati, memahami makna dan menyajikan contoh perilaku terpuji serta berperilaku terpuji.
Akhlak
Meyakini, menganalisis, menyajikan contoh dan keutamaan perilaku terpuji serta berperilaku terpuji.
Fiqih
Meyakini dan memahami tata cara bersuci, şalat dan kegiatan agama di sekitar rumah dan sekolah, makna zikir dan doa setelah şalat
Fiqih
Meyakini dan memahami tata cara bersuci dari hadas kecil, makna salat, puasa Ramadan, pelaksanaan şalat tarāwih dan tadārus al-Qur’ān, hikmah zakat, infaq, dan sedekah.
Fiqih
Menjalankan, menghayati, memahami dan menyajikan serta mempraktikkan tata cara bersuci
dari hadas kecil dan hadas besar, salat wajib berjamaah, salat Jum’at, salat sunah berjamaah dan
munfarid, sujud syukur, sujud tilawah, sujud sahwi, puasa wajib dan sunah, makanan dan minuman yang halal dan haram, zakat, ibadah
Fiqh
Meyakini, menganalisis, mendiskripsikan kedudukan al-Qur’an, hadis, dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam dan hikmah ibadah haji, zakat, wakaf serta mengamalkan nilainilai yang terkandung dalam hukum Islam tersebut. haji dan umrah, penyembelihan hewan, qurban dan aqiqah sesuai dengan ketentuan syari’at Islam.
Sejarah Peradaban Islam
Meyakini, memahami dan meneladani kisah Nabi Adam a.s., Nabi Idris a.s., Nabi Nuh a.s., Nabi Hud a.s.,Nabi Saleh a.s., Nabi Lut a.s., Nabi Ishaq a.s., Nabi Ya’qub a.s., Nabi Yusuf a.s., Nabi Syu‘aib a.s., Ibrahim a.s., Nabi Ismail a.s., dan Nabi Muhammad saw.
Sejarah Peradaban Islam
Meyakini, memahami dan meneladani kisah Nabi Ayyub a.s., Nabi Zulkifli a.s., Nabi Harun a.s., Nabi Musa a.s.,Nabi Dawud a.s., Nabi Sulaiman a.s., Nabi Ilyas a.s., Nabi Ilyasa’ a.s.,Nabi Yunus a.s., Nabi Zakariya a.s., Nabi Yahya a.s., Nabi Isa a.s.,kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad saw., dan Wali Allah yang sembilan (Wali Songo), kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam al-Qur’ān
Sejarah Peradaban Islam
Menghayati, meneladani, memahami dan menyajikan rangkaian sejarah perjuangan Nabi Muhammad saw. periode Makkah madinah, al-Khulafā al- Rāsyidùn, Bani Umayah, Abbasiyah, berkembangnya dan tradisi Islam di Nusantara.
Sejarah Peradaban Islam Meyakini, menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw di Makkah dan Madinah, serta meneladaninya.

Itulas sekilas gambaran yang dapat Admin sampaikan dari Peta Kompetensi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, lebih lengkap mengenai Peta Konsep tersebut silahkan langsung saja untuk Bapak dan Ibu mendownloadnya secara lengkap pada link yang telah Admin sediakan di bawah ini.
Download Peta Kompetensi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK Kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12

Thanks for reading Peta Kompetensi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK Kelas 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12

Related Posts

Your Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Labels

Labels

Copyright © Pendidikan. All rights reserved. Template by CB Blogger