20171215

Jadwal pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2017/2018 SMA, MA, SMK, SMP, MTs, Paket B, Wustha dan Paket C/Ulya

Jumat, Desember 15, 2017
Di kesempatan tulisan artikel kali ini Admin http://urlpendidikan.blogspot.com akan memberikan informasi mengenai Jadwal pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2017/2018 SMA, MA, SMK, SMP, MTs, Paket B, Wustha dan Paket C/Ulya. Ujian Nasional (UN) diselenggarakan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan peserta didik pada jenjang satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah sebagai hasil dari proses pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Selain itu, salah satu kegunaan hasil UN adalah untuk melakukan pemetaan tingkat pencapaian hasil belajar siswa pada satuan pendidikan. Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan berkualitas diperlukan adanya sistem penilaian yang dapat dipercaya (credible), dapat diterima (acceptable), dan dapat dipertanggunggugatkan (accountable).

Pelaksanaan UN Tahun 2018 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan. Dalam implementasinya, pelaksanaan UN mengacu kepada Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0044/P/BSNP/XI/2017, tanggal 28 November 2017 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018.

Perubahan penyelenggaraan UN Tahun Pelajaran 2017/2018 dibandingkan Tahun Pelajaran 2016/2017, di antaranya: (1) perluasan jangkauan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hingga ke Pendidikan Kesetaraan, (2) perubahan peran LPMP, (3) sanksi dan pelanggaran pada pelaksanaan UN, dan (4) metode sosialisasi UN.

Tujuan dan Manfaat Pelaksanaan UN Tahun 2018

1. Apakah tujuan penyelenggaraan UN?
a. UN bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL).
b. UN sebagai sub-sistem penilaian dalam Standar Nasional Pendidikan (SNP) menjadi salah satu tolak ukur pencapaian SNP dalam rangka penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan.
2. Apakah manfaat hasil UN?
Hasil UN digunakan untuk:
a. pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan;
b. pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya; dan
c. dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.

Maka dari itu persiapan perlu di laksanakan oleh setiap Sekolah/madrasah agar kegiatan Ujian Nasioan dapat berjalan baik dan lancar. Berikut Admin gambarkan sekilas mengenai jadwal pelaksanaan UN beserta link download lengkapnya di bawah ini.
Gambar di atas merupakan sekilas dari Jadwal UN untuk semua jenjang untuk Tahun 2018.Lebih lengkap dan jelas mengenai informasi tersebut dapat Bapak dan Ibu download file lengkapnya dalam bentuk pdf melalui link di bawah ini.
Download Jadwal pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2017/2018 SMA, MA, SMK, SMP, MTs, Paket B, Wustha dan Paket C/Ulya

Thanks for reading Jadwal pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2017/2018 SMA, MA, SMK, SMP, MTs, Paket B, Wustha dan Paket C/Ulya

Related Posts

Your Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Labels

Labels

Copyright © Pendidikan. All rights reserved. Template by CB Blogger