20180917

Buku Guru dan Siswa Matematika Kelas VIII SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Senin, September 17, 2018
Pada kesempatan pembahasan artikel ini Admin akan membagikan informasi dan file mengenai Buku Guru dan Siswa pada Kelas 8 jenjang SMP dan MTs untuk mata pelajaran Matematika. Buku yang akan Admin bagikan merupakan revisi Kurikulum 2013 di tahun 2017, yang akan Bapak dan Ibu gunakan untuk kegiatan pembelajaran pada tahun ajaran 2018-2019. Matematika adalah bahasa universal dan karenanya kemampuan matematika siswa suatu negara sangat mudah dibandingkan dengan negara lain. Selain dari itu, matematika juga dipakai sebagai alat ukur untuk menentukan kemajuan pendidikan di suatu negara. Kita mengenal PISA (Program for International Student Assessment) dan TIMSS (The International Mathematics and Science Survey) yang secara berkala mengukur dan membandingkan antara lain kemajuan pendidikan matematika di beberapa negara.

Buku Guru Matematika Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 ini ditulis dengan berdasarkan pada materi dan kompetensi yang disesuaikan dengan standar internasonal tersebut. Terkait materi misalnya, sebagai tambahan, sejak kelas VIII telah diajarkan antara lain tentang bilangan, himpunan, aljabar dan penerapannya, perbandingan, geometri dan penyajian data. Keseimbangan antara matematika angka dan matematika pola dan bangun selalu dijaga. Kompetensi pengetahuan bukan hanya sampai memahami secara konseptual tetapi sampai ke penerapan melalui pengetahuan prosedural dalam pemecahan masalah matematika.

Kompetensi keterampilan berfikir juga diasah untuk dapat memecahkan masalah yang membutuhkan pemikiran order tinggi seperti menalar pemecahan masalah melalui permodelan, pembuktian dan perkiraan/pendekatan.
Buku Guru dan Siswa Matematika Kelas VIII  SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pada buku Guru ini terdapat dua macam bentuk petunjuk membelajarkan, yaitu Petunjuk Umum dan Petunjuk Khusus. Pada petunjuk Umum disajikan tentang konsep kurikulum 2013, keterkaitan antara KI-KD, karakteristik pembelajaran matematik, petunjuk membelajarkan kegiatan saintifik, dan pedoman penilai. Sedangkan pada petunjuk khusus disajikan tentang petunjuk kegiatan membelajarkan dalam pendekatan ilmiah, yaitu mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, dan mngkomunikasikan yang disajikan dengan ikon-ikon tertentu, yaitu Ayo Kita Amati, Ayo Kita Menanya, Ayo Kita Menggali Informasi/Sedikit Informasi/Ayo Kita Mencoba, dan Ayo Kita Berbagi. Buku Guru pada petunjuk umum ini disertakan juga kunci jawaban pada setiap kegiatan Ayo Kita Berlatih, Uji Kompetensi setiap babnya dan Uji Kompetensi Semester.

Buku Guru ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan Guru untuk mencapai kompetensi dan indikator yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, Guru menjadi fasilitator siswa untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran Guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan pada buku Guru ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Itulah sekilas pembahasan yang dapat Admin tuliskan pada kesempatan artikel kali ini, selengkapnya mengenai Buku tersebut untuk Guru dan Siswa di Kelas VIII dapat Anda download pada link dibawah ini.
Buku Guru Matematika SMP MTs Kelas VIII (8) Kurikulum 2013 Revisi 2017.pdf
Buku Siswa Matematika SMP MTs Kelas VIII (8) Kurikulum 2013 Revisi 2017.pdf

Demikian yang dapat Admin sampaikan, semoga Buku matematika yang Admin bagikan ini dapat memberikan manfaat dalam kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 yang Bapak dan ibu laksanakan di tahun 2018.

Thanks for reading Buku Guru dan Siswa Matematika Kelas VIII SMP MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Related Posts

Your Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Labels

Labels

Copyright © Pendidikan. All rights reserved. Template by CB Blogger