20180717

Permendikbud RI Tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah

Selasa, Juli 17, 2018
Permendikbud RI Tentang Standar Tenaga Perpustakaan
Pada kesempatan artikel ini Admin akan memberikan informasi mengenai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008  dalam Permendikbud ini telah di jelas secara rinci perihal Tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Setiap sekolah/madrasah untuk semua jenis dan jenjang yang mempunyai jumlah tenaga perpustakaan sekolah/madrasah lebih dari satu orang, mempunyai lebih dari enam rombongan belajar (rombel), serta memiliki koleksi minimal 1000 (seribu) judul materi perpustakaan dapat mengangkat kepala perpustakaan sekolah/madrasah.
1. Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah yang melalui Jalur Pendidik Kepala perpustakaan sekolah/madrasah harus memenuhi syarat:
a. Berkualifikasi serendah-rendahnya diploma empat (D4) atau sarjana(S1);
b. Memiliki sertifikat kompetensi pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah dari lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah;
c. Masa kerja minimal 3 (tiga) tahun.
2. Kepala Perpustakaan Sekolah/Madrasah yang melalui Jalur Tenaga Kependidikan
Kepala perpustakaan sekolah dan madrasah harus memenuhi salah satu syarat berikut:
a. Berkualifikasi diploma dua (D2) Ilmu Perpustakaan dan Informasi bagi pustakawan dengan masa kerja minimal 4 tahun; atau
b. Berkualifikasi diploma dua (D2) non-Ilmu Perpustakaan dan Informasi dengan sertifikat kompetensi pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah dari lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah dengan masa kerja minimal 4 tahun di perpustakaan sekolah/madrasah.
3. Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah
Setiap perpustakaan sekolah/madrasah memiliki sekurang-kurangnya satu tenaga perpustakaan sekolah/madrasah yang berkualifikasi SMA atau yang sederajat dan bersertifikat kompetensi pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah dari lembaga yang ditetapkan oleh pemerintah.

Berikut sekilas gambaran dari semua kompetensi Kepala Perpustakaan, dan untuk selengkapnya Bapak dan Ibu dapat download pada link dibawahn ini:
Permendikbud RI Tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah Madrasah

Permendikbud Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah

Itulah sekilas pembahasan yang dapat Admin sampaikan pada kesempatan artikel ini, untuk lebih lengkap dan jelasnya Bapak dan Ibu dapat download Permendikbud ini pada link berikut:
LINK FILE:

Thanks for reading Permendikbud RI Tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah

Related Posts

Your Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Labels

Labels

Copyright © Pendidikan. All rights reserved. Template by CB Blogger