20180728

Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 K13 Tahun 2018

Sabtu, Juli 28, 2018
Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 K13 Tahun 2018
Dalam kegiatan pembelajaran, mata pelajaran Bahasa Indonesia sudah tidak asing lagi, karena mapel tersebut tersaji pada semua jenjang pendidikan. Maka dari itu bagi Anda yang merupakan seorang Guru yang mengampu pada mapel tersebut wajib tentunya memiliki file perangkat pembelajaran yang lengkap, agar kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di tahun 2018 dapat berjalan dengan baik dan benar.

Banyak perangkat pembelajaran yang tentunya perlu Anda miliki, dan untuk membatu Bapak dan Ibu yang mengampu pada jenjang SMP/ MTs, Admin pada kesempatan artikle ini akan membagikan file perangkat pembelajaran RPP. File RPP yang dibagikan yaitu untuk kegiatan pembelajaran pada kelas VII, VIII, dan IX yang mana pembuatan RPP ini mengecu pada ketentuan komponen permendikbud yang didalamnya telah disisipkan literasi, hots dan 4c. Bagi Anda yang pada saat ini sedang mencari dan membutuhkan RPP yang dalam pembuatan sudah sesuai dengan ketentuan Kurikulum 2013 yang baru hasil revisi file yang Admin bagikan ini sangat di rekomendasikan untuk Anda gunakan baik sebagai pegangan ataupun contoh.

Dalam kegiatan pembelajaran seorang Guru di wajibkan membuat RPP sesuai dengan mapel dan kelas yang akan di masuki dalam pembelajaran. RPP yang dibuat harus mengikuti Silabus dan juga Buku Guru dan Siswa untuk materi pelajaran yang akan di sajikan kepada siswa dalam hal ini BG BS K13 revisi 2017. Dalam pembuatannypun harus mengeikuti ketentuan permendikbud. Dengan komponen seperti berikuti ini:
a.  identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;
b. identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
c.  kelas/semester;
d. materi pokok;
e.  alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;
f.   tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
g.  kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;
h. materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;
i.   metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;
j.   media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;
k. sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
l.   langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan
m.    penilaian hasil pembelajaran.

Prinsip Penyusunan RPP
Untuk penyusunan RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
n.   Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
o.    Partisipasi aktif peserta didik.
p.   Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
q.    Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
r.    Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
s.    Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
t. Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
u. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Itulah ketentuan yang harus Anda siapkan dalam pembuatan RPP untuk jenjang SMP/MTs. Selengkapnya mengenai file RPP untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat Anda unduh pada link dibawah ini:

Link Download RPP Mata pelajaran bahasan Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9 Kurikulum 2013 Tahun 2018

RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1 dan 2
Semester 1
Semester 2

RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 dan 2
Semester 1
Semester 2

RPP Bahasa Indonesia Kelas 9 Semester 1 dan 2
Semester 1

File RPP ini semoga dapat membatu Bapak dan Ibu yang pada kesempatan artikel ini sedang mencari perangkat pembelajaran untuk jenjang SMP/MTs pada kelas VII, VIII, dan IX sebagai persiapan kegiatan pembelajaran Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2018-2019.

Thanks for reading Download RPP Bahasa Indonesia Kelas 7 8 9 K13 Tahun 2018

Related Posts

Your Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Labels

Labels

Labels

Copyright © Pendidikan. All rights reserved. Template by CB Blogger